29 Oktober 2010

TIPOLOGI PANTAI GLAGAH, KULONPROGO


    Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang terdapat di daerah Glagah, Kulon Progo. Untuk tipologi dari pantai Glagah sendiri bias dimasukkan dalam klasifikasi marine deposition coast. Hal ini dikarenakan pada pantai ini terbentuk karena adanya deposisi dari material sedimentasi oleh marin. Kondisi ini dapat ditunjukkan dengan munculnya barrier coast yang muncul karena sedimentasi dari sungai yang bermuara di lokasi tersebut, kemudian dikenai efek marin mengakibatkan terjadi pembentukan laguna.
    Selain itu, salah satu cirri fisik dari pembentukan marine deposition coast adalah munculnya karakter pantai yang lurus dan datar. Hal ini terlihat terutama jika dikaji dari atas, maka akan terlihat sekali pembentukan daerah pantai ini berupa pantai yang lurus dan datar.
    Proses pengendapan yang terjadi dikarenakan adanya arus dan sedimentasi dari muara yang mengakibatkan terjadinya sedimentasi di daerah pantai. Setelah itu, fenomena tersebut dikenai oleh pengaruh dari gelombang laut, yang menyebabkan sedimentasi tersebut terjadi pengendapan di daerah muara sungai, sehingga pada gambar diatas, dapat terlihat bahwa muncul laguna dan pesisir penghalang.


    Potensi :
  • Pariwisata pantai
  • Tempat Pelelangan Ikan, karena keberadaan laguna dan pembuatan pemecah gelombang dan ombak buatan memungkinkan untuk kegiatan nelayan lebih mudah terutama saat akan mendarat.
  • Daerah peternakan, terutama peternakan burung puyuh, karena kondisi yang berpasir dan bersemak memungkinkan untuk burung puyuh berkembang biak

 
Ancaman :
  • Gelombang dari Samudra Hindia relatif besar. Hal ini bisa memberikan bahaya tersendiri, baik bagi wisatawan akan bahaya tenggelam/terseret arus, atau bagi nelayan karena terkadang gelombang bisa setinggi hingga 4 m, sehingga membahayakan untuk nelayan.
  • Kerusakan pantai. Dikarenakan dijadikan tempat wisata dan TPA, sampah di daerah ini cukup mengganggu. Keberadaan sampah bisa jadi merusak sistem dari muara sungai, misal seperti pendangkalan, ataupun kerusakan lingkungan.

 

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Terpopuler

Pengikut

Earth's news

Weather 3D